NEWS
DETAILS
Kamis, 05 Apr 2018 13:24 - Sumut Honda Bikers
Bersama jaringan main dealer di seluruh Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) secara serentak memulai seleksi siswa/i tingkat SLTA yang memiliki potensi mengembangkan diri melalui dunia wirausaha. Seleksi bagi wirausaha muda ini digelar dalam rangkaian program Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2018 untuk mencari generasi muda hebat yang siap berkarya dan memberikan manfaat untuk masyarakat dan bangsa.
Memasuki tahun penyelenggaraan ke-15, AHMBS kini menjadi kompetisi bergengsi antar pelajar yang paling ditunggu-tunggu setiap tahun. Seleksi bagi para pelajar SLTA di seluruh Indonesia ini mulai dibuka pada April hingga Juli 2018. Wirausaha muda terbaik yang terpilih dari setiap wilayah main dealer Honda ini akan berkompetisi secara nasional pada awal Agustus tahun ini.
Tahun ini, AHMBS mengangkat tema The Millennial Race of Young Entrepreneur yang mencerminkan ketatnya kompetisi antar generasi milenial dalam mengoptimalkan potensi kewirausahaan yang dimiliki. Sesuai karakter anak muda terkini, para peserta kompetisi tahun ini didorong untuk memaksimalkan kreativitas dan pemanfaatan dunia digital dalam memajukan usahanya. 
Kriteria penilaian kompetisi AHMBS 2018 disusun secara komprehensif bersama salah satu kampus bisnis terbaik di Indonesia, yaitu PPM School of Management. Para pelajar yang mengikuti kompetisi ini diuji ide dan kemampuan wirausahanya dengan kriteria yang meliputi tingkat kebaruan ide dan produk, peningkatan kualitas dan kreativitas produk di pasar, dampak bisnis bagi masyarakat, pencapaian bisnis yang tercermin dari penjualan, biaya, serta keuntungan. Selain itu, dinilai juga kemampuan dalam strategi bisnis, analisis pasar, analisis persaingan, dan pengelolaan hubungan pelanggan.
Seleksi menjadi semakin ketat seiring dengan penilaian secara menyeluruh terhadap kemampuan wirausaha muda ini dalam mengelola bisnisnya dari aspek pemasaran, keuangan, operasional, dan SDM. Mereka pun juga harus mampu menyusun sistematika proposal bisnis secara jelas dan terperinci yang menggambarkan model bisnis kepada para calon investor dalam simulasi bisnis.
Dalam kompetisi AHMBS yang diawali dengan seleksi di setiap daerah, para peserta ditantang tidak hanya dari segi bisnis yang sudah dijalani, namun juga dari segi kemampuan memasarkan bisnisnya melalui sosial media. Siswa yang telah lolos seleksi di main dealer akan membuat video 1 menit berupa iklan produk/jasa yang ditawarkan yang ditayangkan di media sosial peserta dan instagram @Sahabat1Hati dan @welovehonda. 
Kemampuan dalam memasarkan bisnis di media sosial dapat menjadi kesempatan emas bagi peserta kompetisi AHMBS untuk maju ke babak final. Satu siswa dengan video terbaik pilihan juri AHM akan mendapatkan Golden Ticket yang secara otomatis masuk tahap presentasi final enam besar di Jakarta. Peserta terbaik dalam kriteria ini harus memenuhi unsur penilaian kreativitas, teknik olah digital, dan popularitas video di media sosial. 
Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan setiap tahun AHMBS memiliki unsur kebaruan yang semakin menantang peserta untuk semakin kreatif dan kompetitif dalam berkarya. Honda melihat kualitas bisnis yang baik juga harus didukung dengan kemampuan berintegrasi dengan dunia digital, terutama media sosial. Hal ini menjadi tantangan baru para wirausaha muda untuk dapat sukses dalam berkarya. “AHMBS 2018 menyuguhkan kompetisi ketat dan bergengsi yang diikuti oleh calon wirausaha muda terbaik di Tanah Air. ,” ujar Muhibbuddin.
Sementara itu Leo Wijaya, Direktur Indako Traing Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan bahwa pihaknya sangat menyambut baik dan bersemangat untuk kembali melahirkan putra daerah, generasi muda yang memiliki jiwa wirausaha yang luar biasa yang diharapkan dapat menjadi contoh positif bagi generasi muda lainnya.  “ Kami berharap program ini mampu memotivasi banyak generasi muda Sumut untuk terus berkarya dan berwirausaha sehingga bersama-sama kita dapat wujudkan jutaan wirausaha muda yang berkualitas dan menginspirasi,” ujar Leo Wijaya.
Untuk wilayah Sumut sendiri proses seleksi kompetisi AHMBS akan dimulai pada awal April s/d 9 Mei 2018. Karenanya bagi para pelajar berprestasi Sumut yang tertarik mengikuti kompetisi ini dapat segera mendaftarkan diri dengan mengirimkan berkas administrasinya ke kantor Indako Trading Coy yang beralamat di Jl. Pemuda No. 18 DEFGH Medan. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Ade Budi (082167100820).
Selain kriteria penilaian individu yang semakin ketat, AHMBS tahun ini juga menilai kemampuan peserta dalam bekerjasama dalam tim. Penilaian kriteria ini diwujudkan melalui kegiatan AHMBS Amazing Race. Para peserta akan dikuatkan kebersamaannya satu sama lain melalui kegiatan kelompok di suatu wahana permainan terkemuka. Dengan tetap mengutamakan prinsip safety first, para peserta akan diuji kemampuan memecahkan tantangan bersama tim. AHMBS Amazing Race ini diharapkan menjadi titik awal mereka untuk memulai belajar networking dan kerjasama tim yang bermanfaat untuk masa depannya.  
Dalam Pelaksanaan AHMBS tahun ini, Honda juga bekerjasama dengan Yayasan Astra Honda Motor, jaringan main dealer sepeda motor Honda, dan empat anak perusahaan AHM yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia. 
 
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK