NEWS
DETAILS
Minggu, 13 May 2018 14:16 - Sumut Honda Bikers
Sebagai upaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten di bidang teknik sepeda motor untuk melayani masyarakat, Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut kembali menggelar “ Technical Contest Fot Technical High School Regional Sumut “pada Rabu, 9 Mei 2018. Diikuti 33 peserta yang berasal dari 33 SMK Teknik & Bisnis Sepeda Motor Astra Honda” se-Sumut,  kompetisi yang berlangsung di Indako Development Centre (IDC) yang berlamat di Jl. Adam Malik Medan ini berlangsung sukses dan menegangkan.  
 
Leo Wijaya, Direktur Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan bahwa Honda ingin memperkuat perannya di bidang teknik sepeda motor melalui kompetisi untuk siswa SMK ini. Selain bertujuan menyiapkan tenaga terampil, inovatif dan siap menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif, Honda juga berharap dapat membantu pemerintah menyiapkan generasi muda yang dapat bersaing dengan pesatnya perkembangan teknologi mesin sepeda motor di tanah air. Melalui kompetisi ini Honda ingin memberi kesempatan kepada para siswa SMK untuk meraih mimpi serta cita-cita mereka di bidang teknik sepeda motor.
 
“ Honda memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kualitas SMK binaan dan outputnya, karenanya, selain menguji keterampilan siswa SMK lewat kontes ini, Honda juga menyiapkan standardisasi bengkel tempat praktik siswa, memfasilitasi praktek kerja industri di bengkel resmi Honda, melatih dan mensertifikasi keahlian guru pengajar, hingga memberikan donasi motor dan peralatan perbengkelan,” ujar Leo Wijaya.
 
Proses pengujian sendiri dilakukan secara bertahap, di mana pada tahap I para siswa SMK Binaan Honda terlebih dahulu mengikuti kompetisi di masing-masing SMK, sedangkan pada tahap kedua para peserta terpilih berkompetisi di tingkat regional main dealer hingga akhirnya para pemenang nantinya akan mengikuti kompetisi tingkat nasional yang akan berlangsung pada bulan Agustus 2018 mendatang di Jakarta guna menyaring tenaga-tenaga muda terbaik di bidang teknik sepeda motor.
 
Pelaksanaan uji kompetensi para siswa SMK sendiri dilakukan secara tertulis maupun praktek. Pada sesi ujian tertulis, para peserta diuji pengetahuan terkait teknologi sepeda motor Honda. Pada sesi ujian praktek, para peserta dinilai keterampilannya terkait mesin, rangka, dan kelistrikan sepeda motor Honda. Selain itu, para siswa SMK juga ditantang kemahirannya dalam menggunakan Honda special tools dan perawatan sepeda motor yang meliputi pemeriksaan, pengukuran, serta penggantian parts.
 
Ketatnya proses seleksi yang dilakukan untuk memilih generasi otomotif Honda akhirnya melahirkan para pelajar dengan prestasi terbaik, sebut saja Dery Wahyudi dari SMk Sri Langkat Tanjung Pura yang berhasil meraih Juara I. Sementara itu untuk Juara ke-2 berhasil diraih oleh Budi Ahmad Prayoga yang berasal dari SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, sedangkan Yandi Fahri Zulmiandi , siswa SMK Swasta Raudlatul Uluum-2 Aek Nabara sukses meraih Juara ke-3. 
Sang juara Dery Wahyudi juga mengungkapkan kebahagiaannya dan tidak berhenti bersyukur atas keberhasilannya menjadi yang terbaik dan berkesempatan mewakili Sumut untuk berkompetisi di ajang nasional. “ Saya tidak menyangka dapat meraih prestasi ini, karena peserta lainnya juga memiliki pengetahuan yang sangat baik. Kompetisi ini memberikan pengalaman baru yang sangat bermanfaat, dimana saya ditempa baik mental maupun penguasaan terhadap berbagai materi yang berkaitan dengan teknologi Honda. Tentunya saya akan berupaya yang terbaik di ajang Nasional nantinya, “ ujar Dery bersemangat.
Sementara itu Min Hian, selaku Technical Service Manager Indako Trading Coy mengungkapkan bahwa kompetisi ini merupakan wujud kepedulian perusahaan kepada dunia pendidikan sekaligus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan mengasah kemampuan mereka khususnya di bidang teknik sepeda motor. ” Kami ucapkan selamat kepada para pemenang. Semoga hasil yang diraih dalam kompetisi ini dapat menjadi bekal, motivasi, sekaligus menjadi langkah awal untuk semakin meningkatkan kualitas dan kemampuan, sehingga kedepannya mereka menjadi lulusan-lulusan SMK yang berkompeten dan berdaya saing di dunia industri khususnya perbengkelan sepeda motor, “ ujar Min Hian.
 
RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK