NEWS
DETAILS
Selasa, 02 May 2023 11:06 - Sumut Honda Bikers

Memastikan setiap komponen motor dalam kondisi prima tentunya menjadi rutinitas yang harus dilakukan. Dari sekian banyak komponen pada rangkaian motor, minyak rem menjadi salah satu komponen penting yang patut diperhatikan, mengingat minyak rem berperan penting dalam sistem pengereman untuk menghentikan laju kendaraan.

 

Keberadaan minyak rem yang sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara menginspirasi Honda untuk membagikan beberapa hal penting  yang perlu diketahui pengendara soal minyak rem.

 

Pertama, minyak rem berfungsi untuk mendorong piston di kaliper rem agar kampas bisa menjepit cakram sesuai tekanan saat tuas master rem ditarik. Selain itu, minyak rem juga bekerja mengurangi panas akibat gesekan logam pada komponen sistem pengereman, yakni kampas dan cakram.

 

Keduaminyak rem memiliki masa pakai yang panjang, sehingga tidak perlu diganti setiap kali melakukan servis. Namun setelah pemakaian lebih kurang 24.000 km atau 2 tahun,  minyak rem wajib diganti utk menjamin fungsi pengereman sepeda motor  anda tetap optimal.

 

Ketigapenggantian juga harus dilakukan ketika kondisi minyak rem yang warnanya yang mulai keruh dan kotor serta volumenya berkurang. Selain bisa merusak komponen pengereman, kurangnya perhatian pada minyak rem juga bisa membahayakan pengendara.

 

Keempatsaat kondisi minyak rem mulai jelek, maka titik didihnya akan menurun, dan menimbulkan gelembung-gelembung udara dan berpoteni membuat angin palsu terperangkap dalam sistem pengereman. Angin palsu ini sangat berbahaya karena bisa membuat rem blong secara tiba-tiba.

 

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, minyak rem memiliki peran yang sangat siginifikan dalam mendukung #Cari_aman saat berkendara. Karenanya Honda senantiasa berupaya berbagi pengetahuan kepada para pecintanya, salah satunya untuk lebih memahami peran penting minyak rem pada motor. Pihaknya juga berharap untuk tidak lupa melakukan perawatan motor kesayangan di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station  (AHASS) guna mendapatkan layanan servis pasti dari yang ahli.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK