NEWS
DETAILS
Jumat, 26 Jan 2024 14:55 - Sumut Honda Bikers

Untuk menciptakan berkendara aman dan nyaman di jalan, maka kedisiplinan melakukan perawatan pada komponen penting motor wajib hukumnya, salah satunya rem cakram. Selain berfungsi  untuk mengontrol kecepatan, rem  pada kendaraan juga dapat memperlambat dan memberhentikan kendaraan. Jika kinerja rem terganggu, maka tentu saja dapat membahayakan keselamatan berkendara  dari pengguna motor.

 

Erwin Chandra, Instructor Technical Service PT indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa rem merupakan komponen keselamatan yang penting untuk kendaraan roda dua. Para pengendara perlu mengetahui bahwa berdasarkan kegunaannya, rem cakram memiliki dua tipe yaitu rem hidrolik (rem cakram) dan rem mekanis (rem tromol).

 

Menurutnya Erwin, tentu saja rem cakram pada sepeda motor lebih baik, seperti halnya dapat melepas daya panas yang lebih baik dari pada rem tromol. Namun untuk pengoperasian dan perawatannya  agar dapat bekerja dengan baik dan mendukung kelancaran berkendara sangat penting dipahami.

 

Pertama, memeriksa kanvas rem atau mengganti minyak rem bermanfaat untuk menjaga agar kinerja rem cakram lebih optimal. Umumnya, penggantian minyak rem dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 km. Jika warnanya semakin gelap, maka kualitasnya minyak rem menjadi berkurang dan harus diganti.

 

Kedua, pengguna sepeda motor juga harus rutin membersihkan caliper mengingat rem cakram bersifat terbuka, sehingga saat berkendara di jalanan, debu dan kotoran ikut menempel pada kanvas atau piston yang akan mempengaruhi kinerja rem menjadi tidak maksimal.

 

Ketiga, efek yang cukup terasa apabila kaliper bermasalah adalah turunnya kualitas pengereman serta kerja handle rem menjadi berat atau blong. Hal ini dapat menimbulkan resiko kecelakaan. 

 

Erwin Chandra menambahkan, bahwa, sebagai komponen yang mendukung terciptanya #cari_aman di jalan, maka Honda mengajak para pecintanya untuk rutin  melakukan pengecekan dan perawatan di bengkel resmi AJASS terdekat sehingga tunggangan semakin prima dan siap berkendara aman dan nyaman bersama motor kebanggaan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK