NEWS
DETAILS
Selasa, 06 Feb 2024 11:08 - Sumut Honda Bikers

Salah satu pengalaman tidak menyenangkan saat ingin mengaspal di jalanan adalah ketika motor tidak bisa di starter, padahal ada keperluan penting dan mendesak yang harus segera diselesaikan. Jika hal tersebut terjadi, maka yang diperlu diingat adalah kapan jadwal terakhir motor di servis di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

 

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer  Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa  selain mengingat kapan motor terakhir di servis, pengendara juga harus mengetahui pasti tentang kondisi komponen pada motor kesayangannya. Jika motor tidak bisa di starter maka biasanya aki menjadi salah satu yang dicurigai, meksipun sebenarnya banyak kemungkinan lainnya yang dapat menyebabkan motor tidak bisa di starter.

 

Menurut Erwin, motor yang tidak bisa di starter biasanya disebabkan sejumlah hal, seperti halnya kehabisan bensin, penggunaan BBM berkualitas rendah, kondisi aki yang soak, ada kabel dan sekring yang putus, starter elektrik kotor, swith rem dama kondisi rusak, kerusakan dinamo starter pada motor matik, busi kotor da soak, karburator kemasukan air, dan klep aus sehingga mengakibatkan kebocoran kompresi.

 

Namun jika kondisi tersebut terjadi, maka Honda menyarankan untuk melakukan sejumlah langkah berikut. Pertama, tuntun motor ke tempat aman, pencahayaan yang cukup dan tidak sepi. Kedua, teliti bagian-bagian yang kelihatan, misalnya bahan bakar, dan ketiga teliti bagian –bagian yang bisa dibongkar sendiri seperti busi. Sedangkan yang keempat, jika semua sudah dilakukan namun motor tetap diam, maka hubungi bengkel resmi Honda terdekat.

 

“ Motor memerlukan service rutin karena mesin apapun jika sering digunakan akan mengalami keausan atau kehabisan bahan tertentu. Service memang tidak menjamin motor tidak bermasalah karena sumber kerusakan bisa saja tak terduga. Tapi paling tidak, service rutin bisa mencegah potensi kerusakan yang umumnya terjadi, “ ujar Erwin Chandra

 

Untuk dapat #cari_aman dengan motor prima, maka peicnta Honda dapat melakukan servis lengkap di AHASS terdekat yang juga dilengkapi dengan layanan booking service menarik yang dapat di unduh melalui aplikasi Honda Sumut di google playstore. Dimana aplikasi online ini akan memberikan kemudahan dalam melakukan layanan servis motor kepada masyarakat yang tidak memiliki waktu luang untuk berkunjung ke AHASS, seperti pit express, dan AHASS servis Kunjung (ASK).

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK