NEWS
DETAILS
Kamis, 16 Jun 2022 10:14 - Sumut Honda Bikers

Keamanan dan kenyamanan berkendara pastinya menjadi hal yang paling diinginkan setiap pengguna roda dua saat beraktivitas. Selain skill berkendara, terciptanya kenyamanan dalam perjalanan juga  harus didukung dengan kondisi prima setiap bagian pada motor. Seperti halnya ban yang tidak hanya berfungsi sebagai penopang sepeda motor, namun juga berfungsi sebagai penerus daya mesin menggerakkan motor dengan stabil.

Ban motor sendiri dirancang lebih kuat dan kokoh khususnya untuk bermanuver di tikungan tajam. Ban jadi satu-satunya komponen  pada  motor yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan dan sangat erat kaitannya dengan keamanan berkendara yang mendukung keselamatan.  Karenanya, ban harus mendapat perhatian dan perawatan agar berkendara jadi aman dan nyaman saat melintasi berbagai kondisi jalan. 

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan bahwa ban sepeda motor punya peran penting dalam performance sepeda motor. Sehingga ban harus mendapat perhatian dan perawatan agar berkendara jadi aman dan nyaman saat melintasi berbagai kondisi jalan.

Perlu diketahui, ukuran ban yang terpasang di sepeda motor baru sudah melewati serangkaian penelitian dan pengujian.  Jadi, mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar akan berpengaruh pada handling, performa sepeda motor dan kinerja ban itu sendiri.  Selain akibat bobot ban yang bertambah, juga dipengaruhi oleh tapakan ban yang menyentuh permukaan jalan menjadi lebih lebar. Hal ini pun bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. 

Sementara jika mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil, maka akan berpengaruh pada daya cengkram ban ke permukaan jalan, karena tapakan ban yang menempel di aspal jadi lebih sedikit dan dapat menimbulkan resiko ban slip dan terjatuh. Dampak lainnya dapat mengakibatkan pengereman jadi tak maksimal akibat daya cengkram ban ke aspal saat menerima gaya dorong motor sewaktu mengerem lebih sedikit. 

Erwin Chandra menambahkan, untuk dapat #Cari_aman di jalan, maka gunakanlah ban dengan ukuran standar pada saat penggantian ban. Akan lebih baik jika penggantian dan pemasangan ban dilakukan oleh ahlinya dan menggunakan ban dari Honda Genuine Part yang sudah teruji kualitasny. Dengan berkunjung ke bengkel resmi AHASS terdekat, maka dapatkan 100 % kualitas layanan servis dari Honda.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK